Pendirian PT di Bekasi

 

Perseroan Terbatas atau PT merupakan badan usaha yang berbadan hukum yang artinya PT dapat memiliki hak dan kewajiban hukum yang sama seperti orang perseorangan di mata hukum (personifikasi). Untuk mendirikan suatu PT dibutuhkan minimal 2 (dua) orang pendiri yang telah memiliki KTP dan NPWP, yang kemudian pendirian PT tersebut dituangkan dalam akta pendirian yang dibuat oleh notaris. Harus dengan akta notaris.

Sejalan dengan perkembangan, mulai banyak masyarakat yang berniat untuk menjalankan kegiatan usahanya dengan lebih serius dan lebih besar lagi. Beberapa di antara mereka banyak juga yang memilih untuk mendirikan suatu PT untuk menjalankan usahanya tersebut. Namun demikian, mungkin di antara kita masih ada yang belum terlalu paham dengan persyaratan mendirikan PT. Untuk itu Legalika kali ini berusaha untuk memberikan penjelasan terkait dengan hal-hal yang perlu kita ketahui sebelum kita membuat PT.

Syarat Membuat PT

Membuat PT untuk usaha anda tidaklah sulit. Setidaknya itu hal pertama yang perlu kita ketahui. Anda juga tidak perlu menunggu usaha anda besar terlebih dahulu karena biaya mendirikan PT cukup murah. Dari tulisan sedikit sebelumnya di atas, sudah ada 3 syarat yang harus dipenuhi dalam membuat PT: (1) didirikan oleh minimal 2 orang; (2) didirikan harus dengan akta notaris; (3) para pendiri harus sudah memiliki KTP dan NPWP. Sebenarnya hanya itu yang penting. Sisanya? Ada beberapa syarat standar sebagai berikut:

  1. Siapkan nama PT nya. Minimal 3 kata, misalnya “PT Belum Ada Nama“. Kami menyarankan siapkan beberapa nama, karena nama yang anda inginkan belum tentu diterima. Bisa jadi sudah digunakan orang.
  2. Sama seperti orang biasa, PT juga harus memiliki alamat tempat kedudukan. Siapkan data alamat lengkap sampai dengan RT dan RW nya.
  3. Tentukan bidang usaha dari PT yang akan didirikan. Satu PT bisa saja menjalankan beberapa kegiatan usaha, misalnya usaha restoran, usaha perdagangan, dan usaha periklanan atau advertising. Tidak ada batasnya. Akan tetapi memang ada beberapa kegiatan usaha dimana dipersyaratkan satu PT tersebut hanya untuk bidang usaha tersebut (single purpose company), artinya PT itu hanya boleh menjalankan bidang usaha satu saja. Bidang usaha apa saja kah itu? Bisa dicek di sini: Link Resmi (https://oss.go.id/portal/referensi/content/list_kbli_sp)
  4. Tentukan berapa besar modal PT nya. Modal PT terdiri dari modal dasar, serta modal disetor dan modal ditempatkan. Modal dasar PT minimal Rp50 juta. Akan tetapi, modal disetor minimal hanya sebesar 25% dari modal dasarnya. Jadi kalau ingin minimal, maka mimimal modal disetor adalah Rp12,5 juta. Itu adalah modal PT, tentu bisa digunakan untuk menjalankan kegiatan usaha.
  5. Tentukan jumlah saham dan nilai nominal sahamnya. Untuk PT baru, ini merupakan kebebasan dari para pendiri. Para pendiri bisa menentukan 1 saham bernilai Rp10.000,-, Rp100.000,-, Rp500.000,- atau bahkan Rp1.000.000,- Bebas! MAri kita gunakan contoh sebelumnya dimana modal dasar PT ditentukan Rp50 juta dan modal disetor Rp12,5 juta. Misalnya A dan B sudah sepakat harga 1 saham adalah Rp100.000,-. A modalnya adalah 5 juta, dan B adalah 7,5 juta. Maka, A memiliki saham 5 juta dibagi 100.000 = 50 saham (40%) dan B berarti memiliki 75 saham (60%). Total seluruh saham dalam PT adalah Rp 50 juta dibagi 100.000 = 500 saham. Akan tetapi yang baru dibagikan hanya 125 saja.
  6. Tentukan siapa yang menjadi anggota Direksi dan siapa yang menjadi anggota Dewan Komisaris. Direksi dan Dewan Komisaris bisa diisi oleh nama para pendiri, bisa juga orang lain yang bukan merupakan pendiri dan pemegang saham PT.

Jika kita sudah mendapatkan semua informasi di atas, sekarang kita hanya tinggal datang saja ke Legalika. Kami atur sisanya.

Biaya Pendirian PT di Bekasi

Kami tidak ada basa-basi lagi. Pendirian PT di Bekasi cukup hanya dengan Rp6,5 juta. Semua sudah lengkap, all in, dijamin tidak ada hidden cost apapun lagi. DIJAMIN!

Biaya pendirian tersebut sudah termasuk:

  1. Biaya pengecekan nama PT;
  2. Biaya akta notaris;
  3. Surat Keputusan (SK) pengesahan badan hukum dari Kemenkumham;
  4. NPWP PT;
  5. Nomor Induk Berusaha (NIB);
  6. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP);
  7. Izin Lokasi;
  8. BONUS: kami bantu pengurusan EFIN untuk lapor pajak PT-nya!

 

Demikianlah penjelasan lengkap dari Legalika sehubungan dengan proses, syarat mendirikan PT, dan biaya pendirian PT. Jika anda sudah memiliki rencana membuat PT namun masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan menghubungi Legalika melalui email ke info@legalika.com atau whatsapp langsung ke 081298269453.

Konsultan profesional kami yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidangnya siap membantu anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *