Bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan dengan prinsip kehati-hatian dan dengan rencana yang matang. Namun banyak di antara para pelaku bisnis yang masih belum menyadari pentingnya hal tersebut untuk usaha mereka. Alhasil, banyak bisnis atau usaha yang terpaksa tutup atau menanggung cukup banyak kerugian karenanya. Padahal untuk menerapkan prinsip kehati-hatian dan perencanaan yang baik dalam suatu usaha sebenarnya tidak terlalu rumit. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha untuk menerapkan prinsip kehati-hatian dan perencanaan dalam bisnis, yang pasti akan menguntungkan para pelaku usaha itu sendiri.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan prinsip kehati-hatian dan perencanaan yang baik dalam berusaha adalah dengan membuat badan hukum yang terpisah dari para pendirinya, yaitu pelaku usaha itu sendiri. Membuat suatu badan hukum tersendiri dapat dilakukan dengan cara mendirikan PT, Koperasi, atau Yayasan. PT, Koperasi, dan Yayasan merupakan badan hukum yang paling sering dipilih oleh para pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Tujuan Mendirikan PT

Prinsip Kehati-hatian

Mengapa mendirikan PT dapat dikatakan sebagai salah satu upaya menerapkan prinsip kehati-hatian dalam bisnis? Jawabannya adalah karena PT merupakan suatu badan hukum. Sifat dari badan hukum yang terpisah dari para pendirinya membuat harta kekayaan PT berbeda dengan harta kekayaan pendirinya. PT sebagai badan hukum dapat memiliki harta kekayaan sendiri seperti terdaftar namanya dalam sertifikat tanah, bukti kepemilikan kendaraan bermotor, dan surat-surat kepemilikan lainnya.

Sebagai badan hukum, PT juga memiliki status hukum sendiri di mata hukum, oleh sebab itu PT dapat menjadi subyek hukum atau menjadi pihak yang berperkara di pengadilan. Pada dasarnya para pendiri atau pengurus dalam suatu PT (direktur dan komisaris) tidak dapat diminta pertanggungjawaban atas kerugian PT. Oleh karenanya harta kekayaan pribadi pendiri dan pengurus PT tidak dapat dijadikan pelunasan atas kewajiban PT. Pendiri hanya bertanggung jawab hingga setoran modalnya yang dimasukan ke dalam PT.

Perencanaan Bisnis

Setiap pengusaha pasti menginginkan bisnisnya berkembang terus di kemudian hari hingga menjadi suatu usaha yang besar. Hampir semua perusahaan besar yang kita ketahui saat ini berkembang karena adanya sumber permodalan yang besar pula. Permodalan tersebut di antaranya bisa berasal dari pinjaman maupun dari investor.

Salah satu keuntungan dari mendirikan PT adalah sifat PT itu sendiri yang lebih bankable atau lebih menarik di mata investor. Dengan mendirikan PT, akan lebih mudah bagi pengusaha untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya atau bahkan untuk mendapatkan investor untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar. Penyebabnya adalah struktur kepemilikan dan pengurusan dalam PT yang jelas karena tercantum dalam akta pendirian PT atau anggaran dasarnya. Sehingga apabila anda ingin membuat investor melihat peluang usaha anda, tentu PT merupakan pilihan yang terbaik.

Proses Pembuatan PT

Membuat PT ternyata tidak rumit seperti yang kebanyakan orang pikirkan. Terlebih lagi saat ini sudah banyak pihak yang menawarkan jasa atau layanan pendirian PT dengan biaya yang bervariasi. Legalika adalah konsultan yang memberikan layanan pendirian PT murah dan mudah di Jakarta, Bekasi, dan seluruh wilayah Jabodetabek.

Legalika adalah konsultan berpengalaman yang telah dipercaya membantu ratusan pengusaha dan perusahaan nasional maupun multinasional hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Komunikasi yang cepat dan fleksibel serta proses pengerjaan pekerjaan yang cepat dan transparan menjadi keunggulan sendiri bagi Legalika dalam memberikan layanannya kepada klien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat