Pencegahan Covid-19, Surat Kuasa Menandatangani Akta Pendirian Perusahaan

Belakangan ini kita pasti mendengar atau melihat berita terkait dengan wabah virus yang menyerang hampir seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Ya, wabah tersebut tidak lain adalah coronavirus disease 2019atau lebih dikenal dengan nama COVID-19. COVID-19 ini dikenal sebagai virus yang sangat mudah sekali menular dari satu orang ke orang lain. Hal inilah yang menjadikan banyak orang resah dan takut untuk keluar rumah atau pergi ke tempat-tempat keramaian.

Penyebab Covid-19

Covid-19 disebabkan oleh suatu virus yang bernama severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Sebelumnya virus ini disebut novel coronavirushingga akhirnya diberi sebutan baru yaitu Covid-19. Virus ini dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui saluran pernafasan dan paru-paru adalah organ yang paling terdampak oleh adanya Covid-19.

Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi dan Bisnis

Dengan adanya pendemi covid-19, banyak sektor yang mengalami dampak negatif, tidak terkecuali sektor bisnis dan ekonomi. Mudahnya covid-19 menular dari satu orang ke orang lain menyebabkan penderitanya meningkat dengan tajam dalam waktu yang terbilang singkat.

Hampir di seluruh negara yang sudah terkena dampak covid-19 mengalami perlambatan ekonomi, bahkan ada beberapa negara yang memberlakukan lockdown sehingga seluruh kegiatan bisnis dan ekonomi hampir tidak ada. Meskipun di Indonesia tidak diberlakukan lockdown, tentu kita tetap harus waspada dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar kita tidak tertular virus tersebut.

Hal ini sejalan pula yang dengan himbauan pemerintah pusat dan daerah kepada masyarakat, yaitu untuk membatasi kegiatan di luar rumah atau tempat keramaian dan menjaga jarak dengan orang lain (social distancing). Lalu bagaimana dengan bisnis Anda di tengah-tengah pandemi yang sedang terjadi? Apakah anda tetap dapat mendirikan suatu badan usaha tanpa harus bepergian ke tempat ramai?

Pendirian Badan Usaha

Pendirian badan usaha, baik itu CV ataupun PT wajib dilakukan dengan akta notaris. Selain itu diperlukan 2 orang pendiri untuk mendirikan badan usaha. Untuk informasi lengkap mengenai syarat dan prosedur pendirian badan usaha, silahkan membaca artikel-artikel sebelumnyabdari Legalika

Penandatanganan Akta Pendirian Perusahaan

Secara umum setiap pendiri badan usaha, baik itu PT maupun CV wajib menandatangani akta pendirian di hadapan notaris. Akan tetapi, apabila pendiri badan usaha berhalangan hadir atau tidak dapat ikut serta dalam agenda penandatanganan minuta akta di hadapan notaris, maka setiap pendiri yang berhalangan tersebut dapat memberikan surat kuasa kepada orang lain untuk menandatangani akta pendirian tersebut atas nama dirinya.

Berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) surat kuasa dikategorikan juga sebagai suatu perjanjian. Pasal 1792 KUHPer menyatakan bahwa surat kuasa adalah suatu persetujuan yang berisikan pemberian kekuasaan kepada orang lain yang menerimanya untuk melakukan sesuatu atas nama orang yang memberikan kuasa. Surat kuasa yang dibuat dan diberikan dari pemberi kuasa kepada penerima kuasa selain dapat dibuat secara notarial, dapat juga dibuat di bawah tangan.

Selain untuk mencegah penularan Covid-19, penandatanganan akta pendirian perusahaan dengan menggunakan surat kuasa tentu memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses pendirian badan usaha yang anda butuhkan. Anda tidak perlu bepergian dan bertemu secara langsung dengan notaris yang akan membuat akta pendirian perusahaan anda.

Hubungi Legalika sekarang juga untuk mengetahui proses penandatanganan akta pendirian badan usaha dengan menggunakan surat kuasa. Legalika siap membantu anda dalam pendirian badan usaha anda, baik itu CV maupun PT, meskipun dalam kondisi yang cukup mengkhawatirkan saat ini. Tentu dengan biaya yang terjangkau juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat