Perubahan Susunan Anggota Direksi dan Dewan Komisaris PT

meeting

Perseroan Terbatas atau PT dijalankan oleh sebuah organ yang bernama Direksi. Direksi merupakan salah satu organ PT selain dari Dewan Komisaris dan RUPS. Direksi adalah organ yang terdiri dari direktur-direktur. Dalam sebuah PT minimal terdapat 1 (satu) orang direktur dan 1 (satu) orang komisaris.

Pada saat awal pertama kali didirikannya PT, anggota direksi ditunjuk oleh para pendiri atau pemegang saham dan namanya dicantumkan dalam akta pendirian PT. Para pendirpendiri juga dapat menunjuk dirinya sendiri sebagai direktur atau komisaris PT. Namun demikian tidak menutup kemungkinan pula untuk menunjuk orang lain yang bukan pendiri untuk menjadi direktur atau komisaris.

Sejalan dengan berjalannya perusahaan, tentu diharapkan perusahaan tersebut terus berkembang menjadi lebih besar. Kebutuhan akan profesional pun juga akan ikut bertambah. Anda mungkin membutuhkan sosok yang lebih mengerti secara teknis dalam bidang tertentu untuk menjalankan suatu bidang dalam perusahaan Anda. Misalny direktur keuangan untuk menjalankan roda keuangan perusahaan atau direktur HRD untuk mengurusi segala hal terkait dengan masalah ketenagakerjaan.

Apabila hal itu terjadi, mungkin Anda perlu merombak susunan pengurus, dalam hal ini direksi dan dewan komisaris, yang dibentuk pada awal pendirian. Lalu bagaimana caranya mengubah susunan direksi PT? Simak penjelasannya di bawah ini.

Prosedur Perubahan Direksi dan Dewan Komisaris PT

Anggota Direksi dan Dewan Komisaris dalam PT diangkat dan diberhentikan oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Pada saat pendirian, anggota Direksi dan Dewan Komisaris ditentukan oleh pendiri dan tercantum dalam Akta Pendirian.

Setiap direktur dan komisaris PT namanya harus tercantum dalam akta perusahaan, termasuk setiap perubahan-perubahannya. Perubahan susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris dapat dilakukan dengan penambahan tanpa adanya pemberhentian anggota Direksi dan Dewan Komisaris yang lama.

Seperti disebutkan semula, perubahan susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris wajib dilakukan melalui RUPS. Para pemegang saham wajib mengadakan RUPS dengan terlebih dahulu meminta Direksi PT untuk melakukan pemanggilan RUPS. Dalam UUPT disebutkan bahwa pemanggilan RUPS wajib dilakukan selambat-lambatnya 14 hari sebelum pelaksanaan RUPS, tanpa memperhitungkan tanggal RUPS tersebut.

Ketentuan mengenai pemanggilan RUPS tersebut dapat dikesampingkan apabila dalam RUPS nemang sudah hadir seluruh pemegang saham yang mewakili 100% dari seluruh saham yangvtelah dikeluarkan oleh PT tersebut. Dengan kata lain, apabila seluruh pemegang saham hadir dalam RUPS, maka tidak perlu menghiraukan masa tunggu selama 14 hari untuk pemanggilan RUPS.

RUPS untuk mengadakan perubahan susunan Direksi dan Dewan Komisaris dapat dilakukan apabila dihadiri oleh pemegang saham yang mewakili minimal lebih dari 50% (lima puluh persen) dari total seluruh sahan yang telah dikeluarkan dalam PT, kecuali anggaran dasar PT menentukan lain. Selanjutnya keputusan perubahan Direksi dan Dewan Komisaris yang diambil dalam RUPS dianggap sah apabila disetujui oleh lebih dari 50% (lima puluh persen) suara dari yang hadir.

Keputusan Sirkuler Pemegang Saham

Selain dengan mekanisme RUPS. Perubahan Direksi dan Dewan Komisaris PT dapat juga dilakukan dengan keputusan yang diambil secara sirkuler oleh para pemegang saham. Keputusan sirkuler pemegang saham sebagai pengganti RUPS hanya sah apabila disetujui secara bulat oleh seluruh pemegang saham.

Setiap keputusan RUPS atau berita acara RUPS serta keputusan sirkuler para pemegang saham pengganti RUPS yang dibuat di bawah tangan kemudian harus dinyatakan kembali dalam akta notaris. Kemudian Notaris wajib memberitahukannya kepada Menteri Hukum dan HAM secara online melalui sistem AHU.

Kesimpulannya adalah setiap perubahan susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris PT wajib dituangkan dalam akta notaris. Perubahan tersebut sah dan dianggap telah berlaku pada saat tanggal ditutupnya RUPS atau tanggal keputusan sirkuler ditandatangani oleh seluruh pemegang saham.

Apabila Anda atau perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam hal perubahan susunan Direksi dan/atau Dewan Komisaris, Anda dapat menghubungi Legalika melalui email ke info@legalika.com atau melalui whatsapp ke 081298269453. Legalika adalah konsultan pendirian badan usaha dan perubahan akta perusahaan yang telah berpengalaman. Kami mengutamakan kecepatan proses dan biaya yang murah untuk selalu mengedepankan kepentingan klien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *